0
Sejak olimpiade pertama di gelar pada abad 19 yang lalu tepatnya di Ibu kota Yunani yakni Kota Athena, olahraga cabang atlektik telah menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari oleh banyak orang, selain itu juga cabang olahraga atletik menjadi salah satu cabang olahraga yang sering diadakan di Olimpiade di dunia, termasuk pada olimpiade tahun 2016 yang lalu yang diadakan di rio de janeiro, Brazil.

Secara umum cabang Olahraga atletik ini terbagi menjadi beberapa macam dan olahraga yang satu ini memang hampir sama dengan olahraga basket ataupun sepak bola, dimana untuk memainkan cabang Olahraga atletik ini harus diadakan beregu dan bukan satu lawan satu, nah untuk mengetahui lebih lenjut mengenai cabang Olahraga atletik, berikut Macam Macam Cabang Olahraga Atletik yang Sering Diadakan di Olimpiade di dunia
Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik

1. Cabang Olahraga Atletik Angkat Besi

Cabang Olahraga Atletik angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga yang sering diadakan pada ajang Olimpiade International, berbeda dengan olahraga yang lain, Cabang Olahraga Atletik angkat besi ini memerlukan kekuatan otot bisep dan tenaga yang sangat kuat, adapun persyaratan lomba angkat besi ini adalah peserta harus mengangkat beban berat melebihi kepalanya.

2. Cabang Olahraga Atletik Lari

Berbeda halnya dengan olaharaga angkat besi yang membutuhkan kekuatan, Cabang Olahraga Atletik Lari ini lebih dominan menggunakan kecepatan untuk bisa meraih medali emas, perak atau perunggu. Olahraga lari sering diadakan di Olimpiade International dan dibagi menjadi bebeberapa cabang yakni lari marathon, sprint, lari estafet dan juga jalan cepat.

3. Cabang Olahraga Atletik Tolak Peluru

Olahraga tolak peluru merupakan salah satu jenis olahraga yang unik dan menarik, dimana peserta yang mengikuti ajang olahraga ini harus mampu menolak logam berbentuk bundar menyerupai sebuah peluru. Nilai yang didapat oleh peserta umumnya didapat dari jauhnya lemparan tolak peluru tersebut, semakin jauh lemparannya maka akan semakin besar pula nilai yang didapatkan.

4. Cabang Olahraga Atletik Lompat Tinggi

Jika anda pernah menonton kejuaraan olimpiade mungkin anda sudah sangat tidak asing lagi dengan cabang olahraga yang satu ini, ya lompat tinggi merupakan salah satu jenis olahraga yang mengandalkan keseimbangan tubuh, kelenturan tubuh dan kecepatan. Peserta yang mengikuti olahraga lompat tinggi ini diwajibakan melewati mistar dengan cara melompat setinggi mungkin, jika tubuh peserta mengenai mistar maka peserta tersebut dianggap gagal.

5. Cabang Olahraga Atletik Memanah

Di Indonesia Cabang Olahraga Atletik Memanah ini sering diadakan oleh menteri pemuda dan olahraga (menpora), alasannya karena Cabang Olahraga Atletik memanah ini merupakan salah satu Cabang Olahraga Atletik yang sering kali diadakan di ajang Olimpiade, peserta yang mengikuti Cabang Olahraga Atletik memanah ini diwajibkan untuk menembakan anak panah ke sebuah papan khusus. Semakin akurat anak panah  yang menancap pada papan sasaran, maka akan semakin besar nilai yang dihasilkan.

6. Cabang Olahraga Atletik Menembak

Berbeda halnya dengan olahraga memanah, olahraga menembak merupakan salah satu Cabang Olahraga Atletik yang menggunakan pistol dan peluru karet untuk menembak, sasaran yang dibidik pun lebih jauh dibandingkan dengan olahraga memanah, adapun Poin penilaian dari Cabang Olahraga Atletik menembah ini dihitung dari akurasi menembak papan tembak dengan tepat sasaran.

7. Cabang Olahraga Atletik Lompat Jauh

Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik yang Sering Diadakan di Olimpiade yang terakhir adalah lompat jauh, olahraga ini berbeda dengan lompat tinggi, jika di lompat tinggi wajib melewati mistar, namun pada olahraga lompat jauh ini anda diwajibkan untuk melompat sejauh mungkin dengan jarak lompatan lebih dari 8 meter jauhya.  Semakin jauh peserta melompat maka skor yang didapatkan akan semakin besar, Semoga bermanfaat

Posting Komentar

 
Top