0
Bagi Masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di pulau Jawa tentu sudah sangat tidak asing lagi dengan sosok mahluk halus yang satu ini, ya Tuyul merupakan salah satu hantu yang dikenal karena sangat pandai dalam mencuri uang, bahkan Tuyul ini seringkali dijadikan sebagai sarana “ngepet” bagi orang yang terbelit masalah Ekonomi dan mencari cara agar cepat kaya. Namun tentu saja memilihara tuyul tidaklah mudah pasalnya Tuyul ini memerlukan kurban untuk sesembahan, selain itu juga tuyul ini dikabarkan menyusui  dari susu Istri pemiliknya.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, Tuyul ini memiliki perangai yang sangat lucu, Tubuhnya yang kecil, kepalanya yang gundul (botak), serta memiliki kemampuan yang cerdik dalam mencuri uang, adapun menurut asal usul tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir, menurut pendapat lain menyatakan bahwa tuyul ini berasal dari bayi yang diaborsi oleh Ibunya. Karena berasal dari bayi, maka tak heran jika karakter tuyul juga hampir sama seperti anak-anak gemar bermain dan seringkali keluyuran untuk mencari kesenangan.
Sedangkan menurut agama Islam menyatakan bahwa Tuyul ini ternyata sudah digambarkan di dalam Al-qur’an dan AL-hadist, bahkan penggambaran tuyul ini dibahas secara detail dalam Islam, menurut pendapat para Ulama Islam menyatakan bahwa asal usul tuyul ini merupakan anak dari setan Bernama Azazil, adapun setan Azazil ini adalah putra kesayangan Iblis yang sangat pandai dalam mencuri berita dari langit.

Lebih lanjut para ulama menyatakan bahwa Azazil ini berhasil menciptakan tuyul untuk dijadikan sebagai anak buahnya, Konon Azazil ini membuat tuyul Dari segumpal darah atau segenggam ari-ari, hasil dari aborsi anak-anak yang diaborsi hasil dari perkawinan antara dua manusia yang berdosa, dengan kata lain tuyul ini memang dilahirkan dari hasil hubungan yang haram, adapun jika bayi yang keguguran namun dihasilkan dari hubungan yang sah maka tidak bisa dijadikan tuyul oleh setan Azazil.

Dari segumpal daging inilah kemudian setan Azazil menyuruh jin atau iblis untuk memasukinya dan kemudian calon tuyul ini diturunkan ke bumi untuk menggoda anak Adam yang terbelit masalah ekonomi atau ingin mencari jalan pintas agar cepat kaya, bagi orang yang terbelit masalah ekonomi dan putus asa atas Ridho tuhannya, tentu akan sangat tergiur pada kemampuan si tuyul untuk mencuri uang.

Adapun untuk bisa menemukan tuyul atau menangkal tuyul agar tidak mencuri uang di rumah anda bisa menggunakan bantuan kepiting merah (jawa, yuyu-yuyu) yang diletakan di dalam wadah berisi ari, konon dikabarkan bahwa jika ada tuyul di rumah dan ia menemukan seekor kepiting merah maka ia akan bermain dengan kepiting merah tersebut sampai pagi dan lupa mencuri uang.
Banyak orang yang tidak percaya akan keberadaaan tuyul ini, padahal jika dipelajari dari Hipotesa menurut agama Islam tuyul ini memang benar-benar ada dan nyata, adapun tugas tuyul ini adalah untuk membuat manusia agar terjelembab dalam jurang kenistaan dan kemusyrikan dengan meminta bantuan jin dan syetan menyelesaikan masalah ekonomi atau mencari jalan pintas agar cepat kaya.

Namun tentu kita sebagai Umat Islam sangat dilarang keras agar musyrik dari Allah swt, pasalnya jika anda musyrik dan meminta bantuan kepada Tuyul untuk mencari rejeki maka dijamin anda akan masuk ke dalam neraka dalam keadaan hina dina dan masuk neraka dalam keadaan kekal, naudzubillah himin dzalik. Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai Asal Usul Tuyul, semoga dengan penjelasan saya diatas berguna bagi para pembaca sekalian, semoga bermanfaat

Posting Komentar

 
Top