0
Setiap selesai melaksanakan shalat wajib tentu kita sebagai umat islam sangat dianjurkan untuk membaca bacaan doa setelah shalat, hal ini sangat sesuai dengan ajaran Rasullulah SAW, karena salahsatu dari waktu yang mustajab untuk berdoa supaya dikabulkan oleh Allah SWT adalah pada saat selesai sholat fardhu, jadi bagi kamu yang ingin doanya terkabul maka jangan sampai untuk melupakan berdoa setiap selesai sholat. Kebanyakan dari kita seringkali melupakan yang namanya berdoa, padahal ini doa ini adalah kunci dari kesuksesan seseorang. Seperti yang telah dituangkan dalam firmannya yang berbunyi "berdoalah maka aku (Allah) akan mengabulkan doamu".

Jadi jawaban Allah mengenai doa ini terbagi dalam 3 hal, yang pertama adalah doa itu akan dikabulkan seketika pada saat kamu minta, kedua doa itu akan dikabulkan pada saat nanti ketika kamu sudah siap, dan ketiga bahwa doa itu akan menjadi pahala yang sangat besar ketika kelak di yaumul qiyamah nanti, sebab dengan doa-doa yang tidak terkabulkan pada masa didunia akan menjadi amal yang agung yang kelak bisa membantu memberatkan timbangan dihari kiamat. Nah untuk lebih jelasnya berikut Bacaan Doa yang hukumnya Sunnah untuk dilakukan setelah menjalankan sholat Fardhu.
Kumpulan Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu dan Terjemahnya
Kumpulan Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu dan Terjemahnya

Doa Sholat 1

Bismillahirrohmanirrohim, Alhamdulillahirobbil a'lamin, Hamdayyuwafini'amahu Wayukafi'umazidah, Ya Robbana Lakalhamdu Kama Yambagi Lijalaliwajhikalkarimi Waliadzimisulthonik

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

Doa Sholat 2 Membaca Sholawat

 Allohumma Shollia'la Sayyidina Muhammad Wa'ala Alisayyidina Muhammad

Doa Sholat 3 - Doa Meminta Keselamatan


Allohumma Inna Nas'aluka Salamatang Fiddini Waddunya Wal Akhiroh, Waafiyatang Fil Jasad, Wasihhatang Filbadni, Waziyadatang Fil'ilmi, Wanarakatang Firrizki, Wataubatang Qoblalmaut, Warohmatan 'Indalmaul, Wamaghfiritam Ba'dalmaut, Allohumma Hawwinalaina Fisakrotilmaut, Wannajata Minannar, Walafwa 'indal Hisab

Artinya : “Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahlah kami dalam menghadapi sakratul maut, (berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.

Doa Sholat 4 - Doa Agar Tidak Mudah Lupa

Allohumma Inna Na'udzubika Minal Ajziwal Kasali Walbuzli Walharomi Wa'adzabil Qobri

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur

Doa Sholat 5  - Doa Memohon Ilmu Yang Bermanfaat

Allohumma Inna Na'udzubika Min 'Ilmilla Yangfak, Waming Qolbilla Yazsya', Waminnafsilla Tasyba', Waminda'watilla Yustajabulaha

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu', dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul.

Doa Sholat 6 - Doa Memohon Ampunan Dosa

Allohummaghfirlana Dzunubana Waliwalidina Walimasyayikhina Walimuallimina Walimallahu Haqqun 'Alaina, Waliman Ahabba Waahsana Ilaina Walikaffatil Muslimin, Ajma'in

Artinya : Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam

Doa Sholat 7 - Doa Taubat

Robbana Taqobbal Minna Innaka Antassami'ul 'Alim, Watub 'Alaina Innaka Antattawwaburrohim.

Artinya : Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Doa Sholat 8 - Doa Sapu Jagat

Robbana Atina Fuddunya Hasanataw Wafil Akhiroti Hasanataw Waqina Adzabannar.

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Doa Sholat 9 - Sholawat Nabi

Washollallohu 'Ala Sayyidina Muhammadiw Wa'ala Alihi Washohbihi Wasallam, Walhamdulillahirobbil 'Alami.

Artinya : Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.
Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai Kumpulan Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu dan Terjemahnya, semoga dengan penjelasan saya diatas berguna bagi para pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top